Selasa, 19 Juni 2012

MENGENAL JENIS KERTAS

Jenis kertas dengan berbagai macam bentuk dan fungsi dapat dijumpai di sekitar kita. Baik itu dalam bentuk buku, majalah, koran bahkan pembungkus makanan ada yang terbuat dari kertas. Dari berbagai macam jenis kertas tersebut, tahukah kamu kalau kertas-kertas itu ada namanya tersendiri.

Berikut ini adalah nama-nama jenis kertas yang biasa digunakan untuk print di digital printing dan aplikasinya :

1. HVS ( Houtvrij Schrijfpapier / dari bahasa Belanda ).
     Kertas warna putih biasannya digunakan untuk fotocopy atau print. Dengan ukuran A4-A0 ada pula yang F4 danQ4.

2. HPL.
     Kertas warna-warni ( merah, kuning, hijau, biru ) jenis kertas HVS tapi tersedia hanya ukuran F4. Digunakan untuk pembatas buku skripsi. Bisa juga untuk brosur print BW( blackwhite ).

3. AP ( Art Paper ).
     Kertas warna putih yang lentur dan tipis serta agak mengkilap, digunakan untuk cetak kertas, isi majalah, leaflet, annual report, kalender dan pelapis hardcover.

4. MP ( Matte Paper ).
     Hampir sama dengan art paper cuma yang ini tidak mengkilap. Kalau bikin pin biasanya pakai jenis kertas yang ini.

5. AC ( Art Carton ).
     Lebih tebal dari art paper dan matte paper. Aplikasinya untuk kartu nama, poster, foto, undangan, isi buku, kalender meja, cover majalah ( soft cover ).

6. Concorde.
     Dengan warna putih atau krem jenis kertas yang bertekstur ini ada yang tipis dan tebal. Untuk print kop surat dan sertifikat.

7. BW ( Blues White ).
     Putih dengan gramatur tebal dengan tekstur yang terasa jelas/agak kasar karakter dari kertas ini. Biasa untuk print kartu nama dan sertifikat.

8. Coronado.
     Mirip dengan BW cuma teksturnya yang lembut yang membedakan jenis kertas ini dengan Blues White.

9. Fancy.
     Tekstur yang jelas dan bisa dibilang agak kasar adalah ciri kertas yang satu ini. Kartu nama, kartu ucapan, undangan bisa dibuat dengan kertas yang satu ini.

10. Kalkir.
     Kertas transparan untuk print gambar kerja atau gambar sablon. Tersedia ukuran A0, A1, A2.

11. Sticker.
     Kertas sticker untuk print sticker.

12. Samson.
     Adalah kertas daur ulang dengan warna coklat. Digunakan untuk cetak paper bag atau packaging, jenis kertas ini biasa disebut juga kraft linear.

13. Linen.
     Kertas dengan banyak pilihan warna ( lebih dari 10 warna ) bertekstur dan tebal, kertas ini cocok untuk cover buku. Ada jenis kertas yang hampir sama dengan kertas linen ini yaitu kertas buffalo.

14. Omega / Asturo.
     Kertas warna-warna dengan ukuran kurang lebih double A3. Biasa difungsikan sebagai cover, khususnya untuk cover buku hardcover yang menggunakan poly ( lapisan untuk menghasilkan warna seperti warna emas/perak ).

15. BC ( Brief Card ).
     Warna kertas putih, jika mengenal buku gambar waktu kita sekolah SD dulu, kurang lebih jenisnya seperti kertas tersebut. Di digital printing kertas BC digunakan untuk membuat buku hardcover. Difungsikan untuk menyambungkan isi dengan cover.

16. HSSD ( Hybrid Super Standard ).
     Suka baca novel ? Nah itu yang sering digunakan untuk isinya jenis kertas HSSD, kertas warna coklat buram dan terasa lebih ringan bila dibandingkan dengan kertas HVS. Dimaksudkan agar saat membaca tidak silau karena kertas yang terang, sehingga mata tidak gampang lelah saat membaca.

Jenis kertas diatas adalah untuk print warna A3. Tapi untuk kalkir, HVS, art paper ada ukuran A2 sampai A0. Nama-nama jenis kertas tersebut di setiap digital printing belum tentu sama, mungkin jenis kertas bisa sama tapi beda nama. Jadi sebelum print baiknya pastikan dulu dengan menanyakan ingin memakai jenis kertas seperti apa yang cocok untuk media print kita.

Kertas mempunyai beragam fungsi dan manfaat, khusus untuk di tempat digital printing dipakai untuk print aneka macam kebutuhan cetak. Namun selain itu kertas juga dapat digunakan sebagai packaging, sebagai kebutuhan dekoratif seperti origami, papercraf, kerajinan tangan, deco paper, exploding box dll. Selain banyak macamnya ternyata kertas juga banyak manfaatnya. Dan disetiap kebutuhan pasti menggunakan jenis kertas yang berbeda, untuk aneka kebutuhan kertas dan perlengkapannya dapat dilihat disini.
      

13 komentar:

  1. sangat bermanfaat artikelnya gan,
    sukses selalu buat agan

    makasih
    www.istanakacasouvenir.wordpress.com
    seindah yang kamu mau

    BalasHapus
  2. bagus, nambah ilmu. terima kasih mas Miswanto Sugi. ^_^d

    BalasHapus
  3. OK,,,
    Terima kasih kembali untuk semuanya,,,

    BalasHapus
  4. Kalau kertas hssd itu yang kayak gimana? Kalau belinya biasanya dimana...

    BalasHapus
  5. kalau cetak kanvas yang murah di mana ya...?

    BalasHapus
  6. masalahnya ada pada pembuatannya bukan masalah kertas
    gimana ngeprintnya entar

    BalasHapus
  7. Mau tanya klo kertas yang tebalnya ± 0.25mm namanya kertas apa yah trus bisa beli dimana?

    Mohon infonya...

    BalasHapus
  8. klo kertas asturo, kertas casing itu seperti apa y ? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hy Ade,

      Kertas asturo adalah sejenis kertas untuk cover buku,umumnya untuk cover hardcover yang menggunakan poly (lapisan seperti emas/perak). Untuk warna ada berbagai macam warna,ada juga warna gradasi. Untuk ukuran kurang lebih double A3. Kalau ingin mencari kertas asturo biasanya tersedia di tempat fotocopy yang bisa jilid buku hardcover.

      Semoga menbantu.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. klo linen digilon tuh linen kaya gimana mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halloo,,,,

      Yang dimaksud dengan kertas linen adalah kertas yang permukaan dua sisinya mempunyai tekstur yang berbeda. Satu sisi halus, sedang satu sisi terasa agak kasar karena tektur serat kertas yang terekspose. Linen digilon biasanya digunakan untuk cover buku (hardcover)dengan teknik hot-print/biasa disebut poly.

      Semoga terbantu.

      Hapus